Seputar Hobi Indonesia

Bikin Motor Balap Drag Yamaha Mio Paket Hemat

Balap drag bike menjadi salah satu yang paling banyak peminatnya di Indonesia. Maka dunia modifikasinya pun juga tumbuh pesat. Sekilas melihat motor drag memang tak begitu rumit. Tampak motor drag seperti hanya dipreteli bagian bodi-bodinya saja. Tapi ternyata ada beberapa hal yang mesti dicermati saat bikin motor balap drag.

Sama halnya dengan modifikasi motor balap untuk kejuaraan lainnya. Langkah pertama bikin motor balap yang mumpuni untuk kompetisi adu kebut di trek lurus 201meter juga harus mengganti beberapa komponen dengan part racing. Untuk pahe alias paket hemat memang tak membutuhkan dana besar untuk bisa memiliki motor balap drag.

“Tips buat motor balap drag bike sebenarnya sangat simpel. Di sini saya ambil contoh paket murahnya Yamaha Mio untuk kelas matik 200cc. Stang seher bisa pakai yang stanar tapi tapi ditambah dengan pen stroke 2mm. Sehernya sendiri bisa pakai tiger npp diameter 65mm,” ungkap Uji, mekanik dari Tryto Project Racing Team.

Selain itu, beberapa part racing yang masih harus dibenamkan adalah karbu, bisa gunakan NSR SP. Yang tidak kalah penting, Uji juga menyebutkan jika part CDI, bisa gunakan mereka kenamaan keluaran BRT maupun Rextor yang memang banyak direkomendasikan oleh para bengkel drag bike. Soal gas buang atau knalpot, bisa gunakan sesuai keinginan sang mekanik atau joki.

Dari beberapa part racing tersebut, harganya pun tak menguras kantong. Untuk pen stroke harga di pasaran sekitar Rp200 ribu. Sedangkan sehernya terbilang murah hanya Rp150 ribu. Sedikit lebih mahal adalah karbu, yakni di angka Rp800 ribu. Juga CDI yang bisa dibanderol toko seharga Rp1 juta.

Total biaya memang tak menyentuh angka puluhan juta rupiah. Di luar motor, mekanik hanya merogoh kocek senilai Rp2.150.000. “Beli motor bekasnya biasanya saya keluar Rp3,5 juta. Motor dalam kondisi mesin hidup tapi second,” jelas pemilik nama asli Ahmad Fauzi yang juga dikenal Tonk Sonic di ajang drag bike.

Pengalaman Uji saat bikin motor drag dari Mio, dirinya bisa tembus waktu hingga 7,7detik. “Tapi pernah juga tembus waktu 7,6detik,” tutup Uji yang punya bengkel sendiri Mentari Jaya. Saat ini Uji juga dikontrak sama Tryto Project Racing Team.(rst)

Sumber : sportku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *