Seputar Hobi Indonesia

Tips Merawat Rantai Motor Off-Road

Rantai adalah komponen yang sangat vital dalam motor trail. Harganya juga lumayan mahal, apalagi untuk rantau ukuran 520 yang biasa terpasang di motor enduro aau SE build up. Harga rantai motornya diatas Rp 700 ribu bro.

Karena fungsinya vital dan harganya relatif mahal, makanya rantai itu perlu dirawat dengan benar, biar awet. Pasti kita gak mau khan lagi asyik offroad di tengah hutan, tiba-tiba rantai putus. Yahh mendorong motor dong jadinya.

Nah salah satu perawatan rantai di motor trail itu harus rutin dikasih pelumas rantai. Setiap mau dipakai atau setelah dipakai offroad itu wajib diberi pelumas rantai. Jangan sampai berkarat bro!

Ini dia tips melumasi rantai yang benar;

1. Berdirikan motor dengan cara mengganjal bagian bawah mesin motor (untuk motor SE yang tidak ada “jagrak” nya) atau jika itu motor enduro atau trail semacam KLX, kalian bisa minta tolong teman untuk memiringkan motor dengan posisi ‘jagrak’ terpasang sehingga roda belakang bisa diputar.

2. Siapkan minyak pelumas khusus rantai (jangan pakai oli mesin bekas) yang banyak beredar di pasaran.

3. Putar roda belakang dengan tidk terlalu keras, kemudian semprotkan carian pelumas rantai ke bagian rantai sisi dalam, yaitu yang berada di bawah arm. Jadi menyemprotnya itu bukan pada sisi luar, karena penetrasi cairannya akan kurang maksimal.

4. Putar roda sebnyak 2 atau 3 kali putaran, sambil terus rantainya disemprot dengan pelumas rantai.(rst)

Sumber: roda balap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *