Seputar Hobi Indonesia

Tips Menang Kontes Modifikasi Cafe Racer Dkk

Sebuah motor modifikasi yang berdiri sendiri tidak terlalu sulit untuk mengundang decak kagum mereka yang memperhatikannya atau setidaknya sekadar mencuri mata. Namun dalam kontes modifikasi dengan sekian banyak sepeda motor, maka tiap motor yang digarap berlomba-lomba curi perhatian dan poin-poin yang lebih jauh dari sekadar tampilan.

Bagaimana sebuah motor modifikasi dengan gaya seperti cafe racer, chopper-bobber bisa memenuhi kriteria kontes dan lebih jauh menang? Ada bocoran sedikit dari builder kenamaan, Donny Ariyanto (Studio Motor).

“Tipsnya lebih pada bagaimana ide, inovasi, dan yang pasti lebih pada kelayakan jalan sepeda motor itu. (Bagaimanapun) motor custom harus tetap layak jalan,” ujar Donny dalam gelaran Suryanation Motorland 2015.

Uji layak jalan sendiri merupakan bagian penting dari kontes. Uji yang disitilahkan dengan “scrutineering” ini sendiri bisa diadakan satu hari sebelum waktu penilaian.

“Jadi nanti ada tes-nya. Ada tes scrutineering pada H-1. Scrutineering lebih pada kelengkapan jalan dari motor itu sendiri. Yang kedua, uji kelayakan jalan. (Unsur safety) itu jadi bagian yang memengaruhi nilai,” ujarnya.

Lebih jauh, tes jalan tidak lain diadakan untuk mengedukasi pemilik motor modifikasi agar motor tersebut bisa dijalankan tanpa melanggar undang-undang yang berlaku.

“Paling tidak kami mau edukasi ke teman-teman bahwa motor custom harus lengkap sesuai dengan undang-undang lalu lintas di jalan raya,” ujarnya.

(rst)

Sumber :Oto Asia


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *