Seputar Hobi Indonesia

Tips Membuat Ayam Aduan Kebal Terhadap Pukulan

Selain teknik menyerang lawan, ayam aduan pun harus di latih untuk mendapatkan daya tahan fisik yang kuat saat menerima pukulan dari lawan. Untuk membuat ayam kebal, akan kami bagikan tips membuat ayam aduan kebal terhadap pukulan lawan.

Beberapa Tips Membuat Ayam Aduan Kebal Terhadap Pukulan Lawan

Lakukan cara-cara berikut agar ayam aduan anda kebal terhadap pukulan lawan. Selain itu agar mengalahkan lawan dengan mudah, sebab melayangkan pukulan yang keras.

Latihan Bertarung

Ayam aduan harus sering sparing atau latihan bertarung dengan ayam aduan lainnya. Beri latihan sebanyak 2 hingga 5 ayam aduan secara bergantian, dalam waktu 15 – 20 menit.

Namun gunakan ayam aduan untuk latihan tersebut tidak memiliki pukulan yang keras atau pukulan yang bisa membuat ayam aduan anda cedera.

Latih Dengan Ayam Yang Sudah Pasti Akan Kalah

Saat ayam aduan dilatih, usahakan melatihnya dengan ayam yang sudah pasti akan kalah. Biasanya ayam tersebut sudah pernah bertarung dan kalah, sehingga mentalnya turun. Biarkan ayam tersebut dikejar dan dikalahkan oleh ayam aduan anda. Ayam yang sudah pernah mengalahkan ayam lain, akan memiliki mental yang bagus saat berlaga di arena yang sebenarnya.

Berikan Kemin Atau Bubuk Kunyit ke Kulit Ayam

Campurkan bubuk kunyit dengan kalk dan air hangat, lalu usapkan ke kulit ayam aduan. Ini berguna agar kulit ayam menjadi lebih tebal dan kebal terhadap pukulan lawan.

Berikan Daun Nangka

Tumbuk daun nangka yang sudah agak tua kemudian campur dengan pakan, bisa juga langsung dilolohkan ke ayam aduan. Daun nangka memiliki kandungan vitamin B6, zat besi, mangan, niasin, dan juga asam folat yang sangat bagus untuk ayam aduan.

Latihan Pernafasan

Melatih pernapasan ayam aduan agar memiliki napas yang panjang saat berlaga. Memiliki pernapasan panjang memang tidak mudah, untuk itu anda perlu melatihnya, agar ayam terbiasa saat berlaga diarena sabung ayam. Anda bisa melatihnya dengan ditandingkan dengan ayam lancuran, atau dengan berenang.

Selain tips-tips diatas, yang paling utama adalah menjaga kondisi ayam tetap dalam kondisi sehat dan prima. Ayam tidak akan bisa berlatih jika dalam kondisi sakit. Untuk itu perhatikanlah selalu kondisi ayam aduan anda, dan perhatikan apa yang ia makan.

Itulah tips membuat ayam aduan kebal terhadap pukulan yang telah anda simak.(rst)

Sumber : 12 Sabung Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *