Seputar Hobi Indonesia

Cara Merawat Memelihara Ikan Cupang Plakat Fancy

Salah satu yang menarik perhatian di dunia ikan khususnya dunia percupangan ialah ikan cupang kontes, ikan cupang tersebut bisa diikutkan kontes yang suka diadakan oleh suatu perusahaan, pemerintah, bahkan komunitas. Banyak sekali beberapa kategori ikan cupang yang sering dikonteskan diantaranya : cupang plakat, halfmoon, serit dang yang paling dikenal yaitu ikan cupang berjenis plakat fancy. Nah inilah cara merawat atau memelihara ikan cupang plakat fancy buat kamu yang masih pemula, yuk simak guys, huehe…

Cara merawat ikan cupang plakat fancy tidaklah sulit cara nya kurang lebih seperti ini guys, kasih makan setiap jam 7 pagi dan 4 sore, pemberian pakan tidak boleh terlalu banyak, dan jangan lupa untuk melatih mental ikan cupang supaya tidak mudah stress ketika nanti akan kita ikut dilombakan. Salah satu paka terbaik dari ikan cupang plakat fancy ialah kutu air (kutir) dan jentik nyamuk (ncuk). Pemberian pakan hidup sangat baik bagi ikan cupang, cara pemberian pakan cadangan berupa caing beku atau pelet, namun penggunaan pelet juga tidak baik jika digunakan dalam jangka panjang.

Jangan lupa jika memberikan pakan hidup pastikan sudah dicuci berulang kali, karena biasanya pakan ikan cupang hidup yang baru boleh kita ambil dari alam masih dalam keadaan kotor yang bisa menimbulkan berbagai macam penyakit pada ikan cupang, seperti penyakit sisik nanas. Selain itu pergantian air sangat perlu diperhatikan pula, maksimal pergantian air lakukan 3 hari, karena di hari ke 3 inilah air akan menjadi keruh terkena kotoran dari pakan ikan cupang.

Padasaat mengganti air jangan lupa cuci aquariumnya dengan bersih dan setelah itu jemur aquarium tersebut dibawah terik matahari kurang lebih sekitar 2 jamyang fungsinya untuk membunuh semua bakteri dan kotoran yang msih menempel di aquarium.

Begitulah seklias penjelasan mengenai cara merawat atau memelihara ikan cupang plakat fancy, semoga bermanfaat.(rst)

Sumber :dinsam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *