Seputar Hobi Indonesia

7 Jenis Balap Motor yang Ada di Dunia Selain MotoGP

Ajang balap memang tidak sekadar sebuah olahraga. Namun juga sebuah tontonan yang menarik minat berbagai kalangan di seluruh dunia.

Di antaranya olahraga balap motor yang bersaingan menggunakan kuda besi. Faktor skill seorang pebalap juga ikut menentukan kemenangan di atas podium. Ada yang menggunakan lintasan aspal sebagai arena pertandingan, ada juga yang menggunakan lintasan tanah berdebu sebagai arenanya.

Bagi kamu pecinta balap motor, berikut beberapa jenis ajang balap motor yang asyik untuk ditonton.

1. MotoGP.

Balap motor ini sepertinya jenis balap motor yang paling bergengsi. Fans MotoGP mempunyai jumlah yang cukup fantastis dan tersebar di berbagai negara. Sampai-sampai ada komunitas atau fans club tersendiri yang selalu hadir dimanapun sang pebalap idola melakoni ajang balap MotoGP. 

Kuda besi khusus MotoGP ini adalah mesin berkapasitas 1000 cc yang harus melahap 22 lap atau putaran. Ada pembagian kategori kelas untuk masing-masing kapasitas mesin motornya. Di antaranya Kelas Moto 2, Moto 3 dan terakhir kelas MotoGP yang berlomba dalam 18 sirkuit resmi.

Kecepatan motor bisa mencapai 300 km/jam lebih dengan 6 gir perseneling. Dan ban khusus bersisi halus tanpa garis lekukan adalah ciri khas dari MotoGP.

2. World Super Bike.

Super bike adalah ajang balap motor yang menggunakan motor sport berkapasitas 1000 cc yang dijual secara massal. Artinya motor yang digunakan ini adalah motor yang juga bisa dimiliki oleh masyarakat luas dengan tingkat ekonomi tertentu.

Para pebalap di ajang Superbike ini juga tidak terlalu tersohor seperti para para pembalap Moto GP. Terkecuali, mereka yang dulunya pernah membalap untuk ajang MotoGP dan pindah ke Superbike. Para pembalap hanya tergabung dalam sebuah tim, dan tidak membawa nama sebuah nama pabrikan motor yang didukung oleh beberapa sponsor yang bekerja sama dengan mereka. Artinya, hampir keseluruhan dana berasal dari pribadi tim dan sponsor.

3. Super Moto.

Basic design motor yang digunakan dalam lomba balap Super Moto ini adalah motor dengan jenis trail. Tapi ada modifikasi tersendiri untuk setang motor dan juga ukuran ban. Ban yang digunakan pada Super Moto lebih besar dari ukuran ban yang digunakan pada lomba balap Moto Trail.

Begitu juga dengan kapasitas mesinnya. Terlebih lintasan yang digunakan menggabungkan antara lintasan aspal dengan lintasan tanah. Tingkat rintangan yang ditentukan semakin menambah keseruan ajang balap Super Moto ini. Namun Super Moto hanya diadakan di beberapa lintasan di Italia saja.

4. Moto Cross.

enis balap motor satu ini adalah jenis balap motor, menggunakan lintasan tanah dengan berbagai bentuk rintangan, yang dibentuk khusus. Seperti sebuah rintangan untuk melakukan jump atau lompatan dan beberapa tikungan yang tergolong saat tajam, hingga para pebalap harus menurunkan kaki untuk membantu mereka lebih mudah untuk berbelok.

Biasanya di garis start, para pebalap akan berjajar segaris, dengan ditahan sebuah papan di bagian depan roda mereka. Begitu papan itu jatuh, itulah tanda balapan dimulai. Tak jarang para pebalap juga melakukan beberapa trik dalam aksi jumpingnya di udara. Jenis ban kotak atau ban tahu adalah ban yang paling identik digunakan di ajang balap Moto Cross ini.

5. Speed way Race.

Jenis balap motor satu ini tergolong cukup unik. Lintasan yang digunakan adalah lintasan berjenis tanah dan hanya berbentuk oval saja. Manuver berbelok dengan kecepatan tinggi dan posisi kaki yang dijatuhkan ke tanah adalah aksi paling keren dari para pebalap ketika berlomba.

Ukuran frame body yang digunakan juga cukup ramping. Sehingga memudahkan para pebalap untuk melakukan manuver “sliding” dengan kecepatan tinggi dalam melakukan tikungan.

6. Drag Race.

Walaupun tidak terlalu terkenal di dunia, keunikan balap motor drag race ini hanya menggunakan jalur lintasan lurus saja dengan jarak tertentu. Biasanya jarak lintasan lurus yang digunakan dalam drag race adalah kategori lintasan 200 meter dan 500 meter.

Jika di kawasan Asia, biasanya menggunakan ukuran ban yang digunakan tergolong sangat kecil dan tipis. Begitu juga dengan ketinggian setang motor yang dimodifikasi menjadi sangat pendek dan rendah. Sehingga si pebalap terlihat seperti membungkuk ketika menaiki motornya.

Namun di Amerika balapan drag motor menggunakan ban berukuran besar dengan kapasitas mesin yang juga tergolong besar. Lomba balap ini hanya menyertakan dua orang pebalap, dan yang paling cepat menyentuh garis finish di track lurus adalah pemenangnya.

7. Isle Of Man Tourist Trophy.

Sering juga dinamakan road race, atau balap motor besar yang menggunakan lintasan jalanan umum di sebuah pulau kecil Inggris, bernama pulau Isle. Memakai motor yang dijual secara massal, yang juga digunakan dalam balap motor Super bike.

Jarak penonton dengan para pebalap yang berpacu di lintasan bahkan sangat dekat. Bisa dikatakan bahwa balapan motor ini mempunyai risiko besar bagi sang pebalap maupun penonton di sepanjang jalanan. Lebar jalan hanya selebar 4 sampai 5 meter saja lho.

Tidak jarang korban dari pebalap sampai mengalami cedera parah atau bahkan meninggal gara-gara ikut dalam ajang balap ekstrem ini. Saking ekstremnya, balap Isle of Man Tourist Trophy ini hanya diadakan setahun sekali setiap akhir bulan Mei sampai bulan Juni, dengan jumlah putaran lap sebanyak 10 kali.

Asal kamu thau, lomba balap ini sudah ada sejak tahun 1904. Soal aturan balapnya, juga ada beberapa pembagian kelas sesuai kapasitas mesin motor yang digunakan seorang pebalap. Malahan, ada kategori balap yang khusus diperuntukkan bagi untuk motor 0% emisi atau berdaya listrik.

8. Road Race.

Kalau satu ini adalah lomba balap motor yang biasa digelar di kawasan Asia. Sirkuit yang digunakan juga memanfaatkan ruas-ruas jalan di suatu kota yang diberi pembatas karung berisi pasir atau ban bekas saja. Mereka hanya menggunakan motor bebek berkapasitas 110 cc sampai 125 cc yang digunakan dalam beberapa kategori balap yaitu kelas seeded, pemula A dan pemula B.

Mereka memakai jenis motor yang dijual secara massal. Jarak yang harus ditempuh masing-masing pebalap adalah 10 sampai 20 km. Jangan salah. Justru lomba balap ini juga ada kejuaraan tingkat Asianya lho. Nama pebalap Indonesia, Doni Tata Pradita bisa sampai menembus kelas balap di ajang Moto GP.(rst)

Sumber : idntimes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *