Seputar Hobi Indonesia

Cara Jitu Agar Mepati Cepat Gemuk

Diperlukan waktu yang tidak sebentar untuk membuat merpati menjadi gemuk, selain perawatan yang teratur, pola makan merpati pun juga perlu diperhatikan.

Makanan pokok merpati pada umumnya adalah jagung. Sebenarnya jagung juga sudah mempunyai protein yang cukup, tetapi untuk mendapatkan badan yang gemuk kita perlu menambahkan makanan yang mempunyai protein lebih banyak. Makanan tambahan itu adalah kacang tanah.

Kacang tanah adalah jenis kacang­kacangan yang sangat disukai merpati dan mengandung protein paling banyak diantara biji­bijian lainnya. Tetapi ada beberapa merpati yang tidak bisa menelan kacang tanah.

Solusinya, sebaiknya Anda membiasakan terlebih dahulu membuat merpati lapar. Jangan diberi makan terlebih dahulu sampai ia benar-benar lapar sekali. Setelah itu, pilihkan kacang tanah kecil dan lemparkan atau berikan pada merpati satu per satu sehingga dia bisa menelannya, lalu berikan kacang yang lebih besar.

Selain memerhatikan pakannya, Anda pun harus memperhatikan pola makannya. Pola ini adalah pola rutin yang harus diberikan pada merpati kita. Berikut adalah pola makan yang tepat untuk merpati :

Pagi

Berikan sarapan kacang tanah sebanyak 10 butir setiap pagi, dan beri minum secukupnya. Bisa diberikan lebih juga tetapi jangan berlebihan. Jika masi piyik bisa berikan pur atau kacang pada indukannya.

Sore

Berikan makanan pokok yaitu jagung setiap sore sebagai makanan pokoknya seperti biasa. Pola ini bisa dirubah disesuaikan dengan kebiasaan masing­masing, yang penting berikan kacang tanah minimal 10 butir setiap harinya.(rst)

Sumber :JituNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *