Seputar Hobi Indonesia

Cara Menjinakkan Merpati yang Giras atau Liar

Orang-orang biasanya memelihara merpati untuk dimainkan entah itu merpati balap atau tinggi. Tetapi untuk mempermudah melatih merpati dibutuhkan merpati yang jinak agar tidak ‘panik’ ketika di latih maupun disimpan dalam kandang merpati. Seringnya burung yang masih liar atau giras akan menyulitkan kita. Jika yang liar itu betina geber maka akan sulit bagi kita untuk menangkapnya sehingga merpati jantan bisa ikutan menjadi liar. Betina yang masih liar juga sulit di geber biasanya dia hanya membentangkan sayapnya tanpa mengepak dan bersuara ‘nguk nguk’ saat di pegang.

Jantan yang giras (liar) akan sulit bagi kita untuk melatihnya karena jika merpati giring maka dia masih takut dengan tangan dan tidak mau nemplok di tangan kita walaupun sedang giring keras. Nah maka dari itu kita perlu menjinakkan merpati giras terlebih dahulu agar mudah untuk dilatih.

Pengalaman saya menjinakkan merpati yang masih giras antara merpati jantan dan betina maka akan lebih mudah menjinakkan yang jantan. Nah berikut trik dan tips dalam menjinakkan merpati yang masih liar atau giras

Cara Menjinakkan Merpati yang Giras / Liar

Saya memelihara merpati dengan cara di umbar yang notabene akan membuat merpati menjadi liar tetapi merpati peliharaan saya alhamdulillah tidak ada yang liar. Berikut tips trik saya menjinakkan merpati

1. Mandikan

Langkah pertama mandikan merpati yang masih liar sampai basah kuyup. Mandikan merpati bisa dengan mencelupkannya ke dalam ember sampai benar-benar basah, lalu jemur sambil sesekali di pegang sesaat sebelum kering. Lakukan ini rutin jika perlu.

2. Kurung Merpati

Selain memandikan merpati mengurungnya dalam beberapa waktu dapat menjinakkan merpati.

3. Sering dipegang dan didekati

Sering-seringlah memegang merpati yang liar, pegang dengan posisi yang membuat dia nyaman. Sering pula dekati merpati jika sedang mencari makan usahakan kita ada didekatnya dan jangan lakukan gerakan tiba-tiba karena ini akan mengagetkannya dan merpati akan bertambah liar dan giras. Saat memberi makan merpati usahakan kita memakai tangan kita agar merpati menjadi kenal dengan kita.

Saya rasa beberapa cara menjinakkan merpati liar di atas sudah cukup. Lakukan secara rutin jangan hanya sesekali. karena merpati adalah binatang yang harus kita ‘biasakan’. Selain cara menjinakkan yang paling penting bagi kita adalah mencegah merpati menjadi liar.

Mencegah Merpati Menjadi Liar

Pencegahan ini sangat efektif sekali dan efeknya merpati akan akrab dengan kita dan tidak takut dengan tangan.

1. Peganglah Semasa Piyik

Saat merpati baru berumur beberapa hari peganglah atau bawa keluar kandang dengan tangan kita, dengan demikian merpati sedari dini akan kenal dengan bau kita. Minimal sehari sekali di pegang saat piyik, bisa sambil menjemurnya di panas pagi yang belum terik (jam 7-8). Cara ini sangat efektif sehingga saat sudah bisa terbang atau dewasa merpati tidak takut lagi dengan kehadiran kita

mencegah-merpati-liar

2. Pakai indukan / babu loloh yang jinak

Prilaku indukan yang jinak juga bisa menurun pada piyikan. Karena piyikan biasanya belajar dari indukannya (sikapnya) tetapi karakteristik atau bakat terbang tetap pada indukan aslinya.(rst)

Sumber :hewanpeliharaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *