Seputar Hobi Indonesia

Cara Agar Burayak Ikan Cupang Cepat Besar

Merawat ikan cupang tidaklah mudah. Banyak yang mengatakan bahwa burayak ikan cupang sangat lama besarnya. Atau ukuran ikan cupang dari kecil (s) sampai ukuran sedang (l) lumayan sangat lama. Sehingga banyak sekali yang malas untuk membudidayakannya.

Untuk itu, kali ini pada tips kali ini yaitu memberikan cara agar ikan cupang cepat besar. Dengan cara melakukan perawatan yang benar terhadap ikan cupang tersebut.

Berikut ini cara merawat ikan cupang agar cepat besar :

1. Standar Kolam/Akuarium 

Agar ikan cupang cepat besar, salah satu hal yang harus anda lengkapi adalah kelayakan tempat hidupnya. Tempat hidup (akuarium) untuk ikan cupang tidak boleh sempit. Setidaknya memiliki ukuran yang ideal untuk ikan cupang itu sendiri. Ukuran akuarium yang disarankan untuk pembesaran ikan cupang yaitu 20 x 15 x 15 centimeter.

Ukuran akuarium ini hanya untuk 1 ekor ikan cupang. Usahakan jangan lebih kecil dari ukuran diatas, agar ikan cupang tidak mudah stress dan dapat leluasa dalam pergerakannya.


2. Kualitas Air 

Kuallitas air untuk ikan cupang juga harus anda perhatikan. Agar ikan cupang cepat besar dan tentunya sehat, anda harus menjaga kondisi air yang digunakan untuk memelihara ikan cupang itu sendiri.

Untuk menjaga kebersihan air, lakukan penggantian minimal 3 hari sekali. Ganti dengan air bersih. Usahakan dari air tanah atau air sumur.

3. Daun Ketapang 

Selain menggunakan air yang bersih, tambahkan pula daun ketapang kering untuk menjaga kualitas air. Selain itu, daun ketapang kering juga diyakini membuat ikan cupang lebih segar. Serta membuat warna ikan cupang menjadi lebih cantik.

Penggunaan daun tetap harus di kontrol. Hal ini agar anda tidak terlalu banyak menggunakan ikan cupang di akuarium. Jangan sampe berniat untuk nenjaga kualitas air justru malah membuat kotor kondisi air tersebut.

4. Pakan 

Faktor utama yang terakhir yaitu pakan. Pakan ini sangat berpengaruh untuk pertumbuhan ikan cupang. Ikan cupang dengan pakan berkualitas yang mengandung lemak dan protein dalam jumlah cukup banyak akan membuat pertumbuhan cupang semakin baik.

Banyak yang mengatakan bahwa pakan terbaik untuk ikan cupang yaitu yang berasal dari alam. Seperti jentik nyamuk, kutu air, cacing sutra dan masih banyak lainnya.

Itulah tips atau cara untuk merawat ikan cupang agar cepat besar. Dalam perawatan ini, semua aspek menjadi sangat penting. Oleh karena itu, lakukan dengan sepenuh hati. Karena banyak sekali penggemar ikan cupang yang hanya rajin di awal. Setelah beberapa hari, air tidak secara kontinyu diganti. Hal ini akan menyebabkan ikan cupang terjangkit parasit yang membahayakan bagi kesehatan ikan cupang itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *