Seputar Hobi Indonesia

STANDAR PENILAIAN IKAN CUPANG DI KONTES INTERNASIONAL

MEMILIH IKAN CUPANG KUALITAS KONTES

Pada umumnya masyarakat yang sangat mencintai berbagai jenis ikan-ikan hias pasti sangat mengenali ikan hias yang namanya ikan hias cupang.
Ikan cupang ini memiliki ber-aneka ragam warna-warna yang sangat indah pada tubuhnya, maka dari itu nama ikan tersebut dijuluki dengan julukan Ikan hias.
Ikan-ikan hias seperti ikan cupang ini merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki keindahan pada tubuhnya, yang mana tubuhnya itu dihiasi dengan ber-aneka ragam warna-warni yang sangat indah.

 Ikan hias cupang ini memang paling banyak habitatnya, kebanyakan habitat-habitat ikan cupang ini berada di wilayah Asia Tenggara, dan salah satu contoh habitatnya berada di Negara Indonesia
Ikan hias ini memiliki berbagai macam jenis-jenis, yang mana jenis-jenis ikan cupang yang pertama itu adalah ikan cupang halfmoon, yang kedua jenis ikan cupang crown tail (serit), yang ke tiga jenis ikan cupang cagak (double tail), yang ke empat jenis ikan cupang laga (plakat), yang kelima jenis ikan cupang giant (raksasa), dan yang ke enam/terakhir jenis ikan cupang Baggan.

Memilih Ikan Cupang Berkualitas

Hal pertama dalam memilih ikan cupang adalah dengan memerhatikan dengan baik kesehatan Ikan Cupang tersebut. Ciri-ciri dari Ikan Cupang yang sehat antara lain adalah bergerak dengan lincah, berwarna cerah, sirip dan ekornya selalu di kibar-kibarkan atau selalu mengembangkan ekoranya ketika di dekatkan dengan ikan cupang lainnya. Cupang yang sehat tidak memiliki noda jamur atau beludru pada badannya.

Pilihlah Ikan Cupang yang ekornya lebar dan seritnya tebal, jangan yang tipis, karena jika tipis mudah terkena penyakit,dan akibatnya seritnya akan menjadi keriting.
Pilihlah Ikan Cupang dengan bentuk ekor kalau bisa 180 derajat (biasa disebut Half Moon), karena perkembangan ekornya akan memanjang (usahakan jangan memilih yang ekornya kurang lebar), karena sewaktu Ikan Cupang itu berkembang manjadi besar antara ekor dan siripnya ada celah sehingga kurang bagus.

Pilihlah Ikan Cupang  yang bentuk ekor seritnya sama dan rapi.
Letak ekor dengan badan Ikan Cupang harus benar-benar seimbang, jangan agak menjorok ke atas.
Pilihlah Ikan Cupang yang badannya besar, jangan yang memanjang, karena pada saat i Ikan Cupang itu berkembang menjadi besar, antara ekor dan siripnya akan ada celah.
Pangkal ekor Ikan Cupang harus tebal, jika tipis maka pada saat perkembangan, ikannya tidak menambah lebar dari ekornya.

Pilihlah Ikan Cupang yang senang bermain di dasar atau tengah air, karena jika Ikan Cupang sering bermain di atas kemungkinan ekor seritnya akan patah.
Jika Anda menyukai Ikan Cupang dengan warna kombinasi, usahakan memilih Ikan yang warna di ekor dan disiripnya sempurna alias rapi
Begitu pula bila memilih Ikan Cupang warna dasar, jangan ada warna lain dari Ikan tersebut kalau bisa dasinya tersebut juga harus sama dengan warna Ikannya. Biasanya Ikan Cupang dalam kategori warna dasar, dasinya berwarna merah.

Pilihlah Ikan Cupang yang  serit sirip atau ekornya tidak transparan.
Belilah ikan cupang pada peternak atau penjual ikan yang sudah terpercaya. Lebih disarankan untuk membeli langsung dari peternak karena selain harganya lebih murah, kita juga dapat melihat dan bertanya mengenai cara-cara dan tips memilih ikan cupang maupun cara perawatannya. Jika kita membeli langsung pada peternak, belilah pada peternak yang sudah profesional dan tidak diragukan kredibilitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *