Seputar Hobi Indonesia

Campuran Pakan YoungBird Merpati Pos Racing

Burung muda (Young Bird/YB) pada kandang besar (Besar dalam arti reputasinya dilomba) biasanya masuk katagori burung lomba, Karena nantinya memang akan dilombakan. Pakan yang berikan untuk harian 50% jagung dan 50% lagi bijian lain. Bijian lain ini sebisa mungkin beragam jenisnya. Ragamnya terserah saja, cari yang mudah. Jangan kita mempersulit kandang sendiri. Macam bijian lain bisa 5-7 macam.

Kalau mau dibuat super lengkap total komponen bijian bisa sampai 16 macam, Sobat bisa juga Beli pakan import yang sudah jadi kemudian kita contek/tiru apa saya komposisi bijian yang terdapat didalamnya, sebagian besar bijian itu ada di Indonesia.

Jika Sobat menggunaan voor ayam komersil untuk pakan merpati pos racing sudah memiliki komposisinya sangat lengkap. Tapi secara alamiah merpati pos tidak kenal pakan buatan model voor. Karena komposisinya lengkap untuk burung lomba, bisa kita berikan sekitar 2,5-5 % aja. Kalau terlalu banyak, dikwatiran merpati akan mengalami kegemukan yang berebih dan malas terbang nantinya.( rst )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *