Seputar Hobi Indonesia

Agar Ayam Ketawa Memiliki Durasi Tertawa Panjang

Dalam penilaian ayam ketawa yang berkualitas bagus salah satunya adalah memiliki durasi ketawa yang panjang, semakin terbahak ngakak akan semakin bagus bagi seekor ayam ketawa. Namun akan seakin bagus lagi jika ketawanya tersebut lebih panjang, mengalun berirama yang merdu. So, Bagaimana cara yang perlu dilakukan oleh ketawamania agar ayam ketawanya makin bagus suaranya, Berikut adalah beberapa tips yang bisa sobat lakukan

Penjemuran
Untuk menjaga stamina, panas sinar matahari sangat dibutuhkan bagi ayam ketawa. Namun sobat harus memperhatikan waktu dan tempat yang pas menjemur ayam ketawa.

Minuman
Walaupun porsi minum tidak telalu banyak bagi ayam ketawa namun perlu diberi jenis jumlah dan waktu yang tepat. Dalam kondisi tertentu air minum bisa dicampuri dengan vitamin C dan selalu jaga kebersihan air minum jika air  sudah keruh harus diganti.

Pakan
Pakan memegang peranan penting untuk menjaga stamina ayam terjaga dan menjadikan suara merdu, adapun kombinasi pakan yang pas adalah menggunakan beberapa macam jenis biji-bijian  seperti beras merah, ketan hitam, jagung giling, gabah bangkok dan voer.

Mandi
Seperti halnya dengan burung ayam juga perlu dimandikan, bedanya kalau burung biasa pakai sprayer sedangkan ayang bisa langsung dipegang lalu dibasuh dengan lap atau spon halus.(rst)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *